Sistem Operasi

  1. Binding adalah proses penempatan suatu item ke dalam lokasi memori tertentu
  2. Dynamic loading adalah salah satu konsep manajemen memori dimana tidak semua bagian program diambil kememori, hanya bagian-bagian yang diperlukan saja yang harus tetap tinggal dalam memori.
  3. Dynamic Linking adalah konsep manajemen memori dimana tidak semua bagian program diambil      kememori, hanya bagian-bagian yang diperlukan saja yang harus tetap tinggal dalam memori tetapi tekanannya pada proses linking
  4. Swapping – Overlay
  • swapping adalah Proses menukarkan sebuah proses keluar dari memori untuk sementara waktu ke sebuah penyimpanan sementara dengan sebuah proses lain yang sedang membutuhkan sejumlah alokasi memori untuk dieksekusi.
  • Overlay adalah membagi program yang besar menjadi bagian bagian yang lebih kecil dan dapat dimuat dalam memori utama. Yang harus selalu ada dalam memori utama biasanya adalah program penggeraknya, sedangkan bagian-bagian pendukungnya diletakkan dalam memori sekunder.
5. Compaction adalah proses yang mengumpulkan dan mengemas wilayah memori yang dialokasikan ke ruang sekecil mungkin, untuk menciptakan sebanyak mungkin ruang bebas yang bersambung.
6. Memori Maya – Memori Nyata
  • Memori maya adalah kemampuan mengala-mati ruang memori melebihi memori utama yang tersedia. Gagasan memori maya adalah ukuran gabu-ngan program, data dan stack melampaui jumlah memori fisik yang tersedia. Sistem Operasi menyimpan bagian-bagian proses yang sedang digunakan di memori utama dan sisanya di disk.
  • Memori nyata adalah media penyimpan data sementara pada komputer seperti, rom dan ram
7. Dynamic Partitions – Static Partitions
  • Partisi dinamis adalah memori dipartisi menjadi bagian-bagian dengan jumlah dan besar yang tidak tentu.
  • Partisi tetap adalah apabila memori dipartisi menjadi blok-blok yang ukurannya ditentukan dari awal. Terbagi lagi atas partisi tetap berukuran sama, dan partisi yang berbeda
8. Monoprogramming – Multiprogramming
  • monoprograming adalah Sistem komputer hanya mengijinkan satu program per pemakai berjalan pada satu waktu. Manajemen memori yang paling sederhana, tanpa menggunakan swapping.
  • Multiprogramming adalah Melayani banyak program yang tidak ada hubungannya satu sama lain dan dijalankan sekaligus dalam satu komputer yang sama

Tidak ada komentar:

Himpunan Mahasiswa Sistem Komputer..
===============================================